Apa itu Penyakit Liver, Penyebab, Gejala, dan Pencegahnya



Sehat-Dong - Pasti kamu pernah mendengar tentang bahayanya penyakit liver kan? Atau mungkin beberapa dari kamu mencoba mencari tahu penyebab penyakit tersebut untuk menghindarinya? Dan jelas, dengan mengunjungi artikel ini berarti kamu ingin mengetahui mengenai penyakit liver tersebut

Ya, sesuai dengan “kata” atau sebutan penyakit tersebut, bahwa Penyakit Liver yaitu penyakit yang menyerang hati tapi bukan penyakit hati secara rohani ya. Otomatis apabila kamu terserang penyakit ini maka fungsi hati kamu akan menurun. Dan dengan begitu banyaknya fungsi hati bagi tubuh maka hal ini juga akan mempengaruhi kondisi dan kestabilan tubuh kamu.

Fungsi hati bagi tubuh yaitu sebagai detoksifikasi atau pembuang racun yang ada didalam tubuh. Jelas, jika organ hati kamu fungsinya menurun atau bahkan rusak maka racun-racun tubuh tidak akan terbuang secara baik.

Penyebab liver sendiri beragam, ada yang diakibatkan oleh infeksi virus, karena adanya parasit pada tubuh, pola hidup yang kurang baik dan selain itu banyak penyebab lain yang menyebabkan organ hati kamu rusak sampai terkena liver. Untuk itu, kamu harus berhati-hati supaya tidak terserang penyakit yang berbahaya ini.

Penyebab-penyebab Penyakit Liver
Berikut ini beberapa penyebab penyakit liver yang lebih terdeskripsi:
1. Infeksi Virus dan Parasit
Seperti yang tadi sudah disinggung bahwa salah satu penyebab penyakit liver yaitu disebabkan karena adanya infeksi virus atau parasit. Penyebab ini mungkin yang jarang orang sadari karena hal tersebut bukanlah akibat dari sebuah kebiasaan atau pola hidup.
Infeksi virus dan parasit akan menyebabkan peradangan pada organ hati, sehingga akan berlanjut pada rusaknya bagian hati sampai terjadinya penyakit liver. Virus pada tubuh dapat menyebar baik melalui darah ataupun urin, selain itu bisa saja timbul karena adanya kontak fisik seperti bersentuhan dengan orang lain yang terinfeksi atau bahkan akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi bersama orang tersebut.
Penyakit liver akibat infeksi parasit dan virus yang paling sering ditemui ialah hepatitis. Penyakit Liver satu ini merupakan penyakit hati yang dapat disembuhkan. Walaupun begitu, ada beberapa jenis hepatitis kronis yang bisa mengakibatkan kanker hati, karena jenis hepatitis pun beragam. Penyakit hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus dan parasit adalah Hepatitis A, Hepatitis B dan Hepatitis C.

2. Akibat faktor Genetika
Nah, ini perlu diwaspadai dan diperhatikan sejak dini bahwa penyebab penyekit liver ada yang disebabkan karena faktor genetika atau keturunan, baik dari kedua orang tua ataupun salah satunya. Dan kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya gen serta zat berlebih yang menumpuk dalam hati.
Berikut beberapa jenis penyebab penyakit liver akibat faktor keturunan
- Penyakit Wilson, penyakit ini ialah penyakit keturunan yang langka, diakibatkan karena adanya banyaknya timbunan tembaga pada hati atau organ lain.
- Hemochromatosis, yaitu timbunan zat besi dalam jumlah yang banyak
- Hiperoksaluria dan oxalosis atau eksresi oksalat yang berlebih. Biasanya disebabkan akibat sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan oksalat diantaranya; sayur yang berwarna hijau terutama bayam, coklat, teh, softdrink, dan kopi instan.

3. Minuman Alkohol
Alkohol mengakibatkan sel-sel pada hati akan mati. Jadi, apabila kamu termasuk pengkonsumsi alkohol sebaiknya mulai dikurangi dan dihentikan.  Konsumsi Alkohol menyebabkan hati tidak dapat menyaring racun-racun lain yang masuk dalam tubuh karena bersifat toksik yang dapat menyerang sel-sel pada hati.
Funfsi hati sebagai pembuang racun akan menurun serta kinerjanya terhambat akibat matinya sel-sel tersebut. Walaupun sel-sel pada hati ini dapat beregenerasi kembali, tapi pada seseorang yang sering mengkonsumsi alkohol, re-generasi tersebut akan terhambat serta bisa menyebabkan kerusakan yang lebih berbahaya lagi.

4. Obesitas / Kelebihan Berat Badan
Penumpukan lemak yang berlebih pada hati bisa memperlambat kinerja hati, hal inilah yang menjadi penyebab Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi pemicu penyakit liver.
Kandungan lemak yang cukup banyak dalam tubuh bisa meningkatkan kandungan lemak yang terdapat pada hati sehingga hal tersebut sering pula disebut Non-Alcoholic Fatty Liver Disease (NAFLD) atau perlemakan hati.

Artikel Terkait

Apa itu Penyakit Liver, Penyebab, Gejala, dan Pencegahnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam