Ini Dia 5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar

Sehat-Dong - Luka bakar biasanya di sebabkan oleh hal-hal yang memang menimbulkan panas, hal ini bisa saja terjadi dimanapun baik itu di dapur misalnya, tempat kerja atau bahkan ruang terbuka seperti halnya terkena panas dari knalpot motor belum lama di matikan.

Tingkat luka bakar pun memang tak selalu sama, ada luka bakar yang tergolong ringan namun ada juga luka bakar yang tergolong cukup parah atau serius. Jika luka bakar yang anda alami cukup serius maka alangkah lebh baiknya segera dilarikan ke rumah sakit namun jika luka yang di dapat masih tergolong ringan atau luka yang di timbulkan tidak terlalu parah maka anda bisa melakukan beberapa pertolongan pertama pada luka tersebut dan juga dapat melakukan perawatan sendiri untuk memulihkan kulit yang terkena luka bakar tersebut.

Ini Dia 5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar
Luka bakar @wikipedia
Dan pada artikel kali ini akan di paparkan mengenai beberapa bahan alami yang dapat meredakan luka bakar yang bisa anda gunakan jika sewaktu-waktu anda mengalami luka bakar. Berikut Bahan alami untuk menyembuhkan luka bakar :
  1. Cuka
    Yang pertama ini adalah bahan yang mudah di dapat karena termasuk bahan yang biasa di jadikan pelengkap pada cita rasa masakan yaitu cuka. Siapa sangka bahan asam tersebut ternyata punya khasiat lain selain bahan masakan juga dapat meredakan luka bakar. Untuk penggunaannya yaitu cukup tuangkan cuka pada kain yang bersih, lalu kompreskan kain tersebut pada kulit bagian yang terkena luka bakar. Saat rasa sakitnya meningkat lakukan terus saja hal tersebut dengan cuka yang segar sampai luka nya cukup meredakan.

  2. Kulit Pisang
    Bahan alami yang mudah di dapat selanjutnya yang dapat di jadikan pereda luka bakar adalah kulit pisang. Jika biasanya kulit pisang kamu buang begitu saja, maka di saat mengalami luka bakar hendaknya kulit tersebut jangan di buang karena bermanfaat untuk meredakan luka bakar. Hal ini di perkuat dengan pernyataan para ahli yang menyarankan supaya menggunakan kulit pisang sebagai pereda luka bakar ringan dengan cara meletakkannya pada bagian yang terluka sampai lukanya berubah menjadi hitam. Wow siapa sangka ya bahan yang tak terlihat berguna tersebut justru malah dapat bermanfaat sebagai obat alami.

  3. Madu
    Selain cuka dan kulit pisang, ada bahan lain yang mudah di dapat yang juga memliki manfaat yang sama untuk meredakan luka bakar. Ya, bahan tersebut adalah madu, mungkin bagi anda yang sangat menjadi kesehatan tentu bahan ini merupakan salah satu bahan yang selalu ada di rumah anda. Zat antiseptik yang terkandung dalam madu rupanya memiliki manfaat untuk meredakan luka bakar ringan. Caranya pun cukup mudah, anda cukup mengoleskan madu tersebut pada luka bakar ringan yang anda alami, hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat luka tersebut juga dapat meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari yang mungkin menjadi momok bagi sebagian orang apalagi jika luka yang di dapat cukup besar.

  4. Lidah Buaya
    Jika anda merupakan salah satu orang yang memelihara lidah buaya di halaman rumah anda, maka tak perlu khawatir jika suatu saat anda mengalami luka bakar ringan. Karena tanaman tersebut termasuk salah satu bahan alami yang teruji mampu menyembuhkan luka bakar ringan. Lidah buaya mampu melakukan pemulihan pada kulit yang terkena luka bakar, selain itu juga meredakan luka bakar dengan lidah buaya dapat memberikan rasa dingin terhadap luka bakar sehingga rasa sakit pada luka dapat terkurangi. Cara penggunaannya pun mudah, cukup potong lidah buaya pada bagian tengahnya, setelah itu gunakanlah gel lidah buaya tersebut untuk di letakan pada bagian yang terkena luka baka. Anda dapat terus melakukan cara tersebut sampai luka bakar yang di alami benar-benar kering.

  5. Minyak Lavender
    Yang selanjutnya ada minyak lavender. Ya, bahan alami tersebut juga dapat meringankan rasa sakit yang di derita akibat luka bakar ringan. Namun akan lebih baik jika bahan ini di campurkan dengan bahan sebelumnya yaitu lidah buaya. Cara penggunaanya cukup campurkan minyak lavender dan lidah buaya, setelah itu oleskan saja di bagian yang terkena luka bakar. Lakukan terus menerus cara tersebut sampai rasa sakit yang di derita berkurang. Tak hanya minyak lavender yang dapat dijadikan bahan pereda luka bakar, mungkin anda juga bisa menggunakan minyak zaitun yang mudah di dapat karena mempunyai manfaat yang sama untuk meredakan dan memulihkan luka bakar.
Itu tadi 5 bahan alami yang bisa anda gunakan jika suatu saat anda mengalami luka bakar ringan. Selain murah, bahan-bahan tersebut alami dan juga mudah di dapatkan, Namun ingat sekali lagi bahwa bahan-bahan di atas untuk mengatasi luka bakar yang tergolong ringan ya, untuk luka bakar berat sudah di katakan di awal bahwa sebaiknya di bawa ke dokter namun jika luka bakar ringan pun tak kunjung reda, alangkah lebih baiknya juga di periksakan ke dokter. Oke sekian informasi kali ini, Semoga bermanfaat dan salam sehat.
Source: merdeka

Artikel Terkait

Ini Dia 5 Bahan Alami Pereda Luka Bakar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam