6 Makanan Penghilang Stres

Sehat-Dong - Segala aktivitas pekerjaan memang menjadikan suatu tanggung jawab yang mana terkadang hal tersebut memerlukan kinerja otak yang lebih, belum lagi jika hal itu ditambah masalah pribadi yang bercampur aduk dalam otak. Terkadang dari masalah-masalah yang kita miliki dapat menyebabkan pikiran menjadi tidak bisa fokus, stres dan tidak tenang.

Masalah lain yang mungkin bisa menyebabkan seseorang mengalami stres juga bisa dipicu oleh faktor lingkungan yang kurang nyaman pula. Apalagi kondisi perkotaan yang bisa memberikan tekanan lebih terhadap mental akibat berbagai masalah dalam lingkup tersebut. Polusi, serta lingkungan yang kurang tenang mungkin hanya akan menambah rasa stres pada seseorang.

Menghilangkan stres dengan makanan
ilustrasi stres
Namun perlu diingat, pikiran stres berarti pikiran yang terganggu dan tidak terkendali, semakin tidak terkendali maka akan semakin buruk pula dampak kedepannya. Untuk itu sebaiknya kita sesegera mungkin mencoba menghilangkan rasa stres pada pikiran kita. Bisa dengan melakukan refreshing dengan cara melakukan hobi, meditasi, jalan-jalan, atau bahkan traveling ke tempat-tempat dengan udara yang sejuk yang dapat membuat pikiran kita merasa lebih tenang.

Namun selain mengatasi stres dengan aktivitas, ada alternatif lain yaitu dengan memakan makanan tertentu. Seperti yang dilansir oleh Boldsky, ada makanan tertentu yang dapat menghilangkan stres yang tentu nya hal tersebut alami. Berikut beberapa makanan penghilang stres :

1. Susu
Susu, ya minuman favorit bagi setiap orang, meskipun ada beberapa orang yang mempunyai alergi terhadap susu. Namun siapa sangka minuman satu ini ternyata berguna untuk menghilangkan stres. Ya, dengn kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta vitamin B2, B12, protein dan juga kalsium, susu sangat bermanfaat untuk mengatasi stres seseorang.


2. Kacang almond
Yang kedua yaitu kacang almond. Dalam kacang almond terdapat kandungan nutrisi yang cukup tinggi, selain itu juga dengan sering mengkonsumsi kacang almond akan bermanfaat untuk meredakan stres karena dalam kacang almond mengandung magnesium, vitamin B, vitamin E serta seng dan selain itu mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Cemilan ini bisa jadi alternatif sebagai pereda stres kamu.


3. Sereal
Dalam sereal terdapat kandungan asam folat serta vitamin tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan apabila kita tertur mengkonsumsi makanan ini setiap pagi, maka akan bermanfaat untuk membantu meredakan stres. Namun pilihlah sereal yang mengandung serat tinggi, karena jika sereal yang kita makan hanya mengandung karbohidrat tanpa isi dan banyak kandungan gulanya bukan nya baik justru kurang manfaatnya bagi tubuh.


4. Buah alpukat
Buah hijau yang biasa disantap dalam bentuk jus ini mengandung vitamin B yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental serta saraf di dalam tubuh. Untuk kamu yang sering mengkonsumsi buah ini berarti kamu mendapatkan banyak hal baik, karena secara tidak sadar kamu telah mengkonsumsi buah yang dapat membuat kondisi mental dan saraf menjadi lebih baik itu berarti akan mencegah dan cepat meredakan stres.


5. Asparagus
Mungkin nama yg satu ini kurang familiar dalam telinga masyarakat. Tapi jangan salah, dalam asparagus ternyata terdapat kandungan asam folat yang tinggi. Karena jika asam folat dalam tubuh rendah maka dapat memicu terjadinya perasaan cemas serta depresi, sebaliknya jika kandungan asam folat yang tinggi tentu dapat membantu menurunkan tingkat stres dan depresi seseorang.


6. Buah Berry
Buah berry ini memang beragam jenisnya seperti strawberry, blueberry, raspberry, mulberry, dewberry , lingonberry, cranberry, huckleberry, bilberry, dan blackberry. Jenis yang beragam bukan berarti kandungan dan manfaatnya beragam juga, kesemua jenis berry sangat baik untuk kesehatan tubuh karena terdapat kandungan vitamin C yang tinggi tentu hal ini cocok untuk mengatai stres.Namun diantara semua buah berry, buah blueberry lah yang paling baik untuk mengatasi stres serta menurunkan tingkat stres seseorang.


Oke, itulah bahasan mengenai 6 Makanan Pereda Stres, silahkan pilih salah satu dari makanan diatas jika stres datang menghampiri kamu. Namun dengan mengkonsumsi rutin makanan diatas pun sebenarnya kita sudah mencegah dan menurunkan resiko stres. Meskipun stres bisa datang kapan saja, tapi jika kita tahu bagaimana cara mengatasi nya tentu hal itu akan cepat teratasi. Selain murah dan mudah, dengan mengkonsumsi makanan diatas sebagai pereda stres juga berarti kita menggunakan cara yang alami, dan alangkah lebih baik untuk mengesampingkan juga penggunaan obat.

Semoga informasi dan ulasan tersebut bermanfaat. Silahkan share juga ke teman-temanmu dengan cara klik tombol share berdasarkan social media yang akan kamu pilih untuk sharing yang berada di bawah artikel ini. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa.

Source : sehatalami99

Artikel Terkait

6 Makanan Penghilang Stres
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 respon

March 4, 2016 at 3:11 PM delete

makanan penghilang stress ternyata ada juga ya, lalu ada juga makanan yang dihindari loh. mau tau apa aja? masuk sini - http://goo.gl/i63o4l

Reply
avatar
June 11, 2020 at 11:53 AM delete

keren nih, kamu juga dapat cek makanan penghilang stres lainnya di https://sampaikapan.com/stress-kamu-akan-turun-dengan-makanan-ini/

Reply
avatar

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam