7 Cara Mencegah Kanker

Sehat-Dong - Kanker, dari mendengar namanya saja mungkin akan membuat orang merasa takut. Bagaimana tidak, jenis penyakit ini merupakan salah satu penyakit ganas yang apabila kita telat mengetahui dan memeriksakan bahkan menanganinya maka hal itu akan bekembang dan tumbuh lebih luas sehingga akan menjadi lebih ganas. Belum lagi pada tingkat tertentu yang dianggap fatal harus dilakukan operasi yang mana tingkat keberhasilannya pun memang kecil.

Faktor penyebab terjadinya kanker pun beragam, mungkin beda orang beda juga penyebab nya. Bisa saja disebabkan oleh faktor genetik, faktor pola hidup atau bahkan faktor-faktor lain yang memicu timbul dan berkembangnya sel kanker pada tubuh.

Cara agar terhindar dari kanker

Resiko kanker pun bisa datang tanpa pandang bulu, entah itu dari segi usia, jenis kelamin bahkan tingkat ekonomi dengan perbedaan pola dan gaya hidup pun semua kalangan beresiko terkena kanker. Untuk itu, setidaknya kita mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mencegah terjadi nya kanker. Berikut ulasan Beberapa cara agar terhindar dari kanker :

1. Periksakan Setiap Rasa Nyeri Yang Terasa
Mungkin kebiasaan menganggap remeh hal yang kecil sudah menjadi kebiasaan bagi seseorang, apalagi mereka yang kurang kritis dan perhatian terhadap kesehatannya. Tapi mulai saat ini cobalah ubah merubah kebiasaan tersebut. Ketika kita merasakan rasa sakit atau nyeri pada daerah terntentu sebaiknya segera periksakan hal tersebut ke dokter karena tidak menutup kemungkinan jika hal itu merupakan gejala awal penyakit serius seperti kanker.

2. Hindari Terlalu Lama Menggunakan Ponsel
Radiasi ponsel bak musuh yang diam-diam menghanyutkan. Bagaimana tidak, di era modern ini orang biasanya tak lepas dari kebiasaan menggunakan gadget pada kurun waktu yang lama, beriringan dengan hal tersebut radiasi ponsel yang tak dapat kita lihat terus merambat terhadap tubuh kita, hal tersebut patut kita waspadai karena radiasi dari gadget seperti ponsel dan barang elektronik lainnya bisa saja menjadi faktor pemicu timbulnya sel kanker. Hindari juga tidur dengan ponsel disamping bantal, sebaiknya jauhkan posisi ponsel dari tubuh ketika hendak tidur. Selain bisa memicu terjadinya kanker otak, radiasi ponsel juga bisa saja memicu terjadinya kanker lain seperti kanker kulit.

3. Konsumsi Kopi Secara Baik dan Teratur
Tentu kita tahu dalam kopi terdapat kandungan kafein. Kandungan tersebut akan menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kanker jika dikonsumsi dengan baik dan teratur. Persentase pencegahannya sekitar 40 persen, hal ini bukan merupakan pendapat, namun sudah dibuktikan lewat penelitian bahwa dengan mengkonsumsi kafein dapat membantu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tapi harus diingat, konsumsi secukupnya saja dan tidak berlebihan, karena hal yang berlebihan juga tidak baik.

4. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D
Kekurangan Kalsium beserta vitamin D bisa menjadi faktor pemicu timbulnya kanker dalam tubuh, tentu dari penyebabnya pun kita sudah tahu bagaimana mencegahnya, yaitu dengan menjaga asupan vitamin D serta kalsium. Caranya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari serta konsumsi suplemen kalsium secara teratur, hal ini sangat baik untuk menghindari resiko terkena penyakit kanker tulang.

5. Banyak Meminum Air Putih
Asupan cairan yang cukup akan membantu kita menghindari terkena penyakit kanker kandung kemih dengan begitu juga tentu membantu membuang racun-racun yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker di dalam urin, selain itu dengan banyak minum air putih akan membantu membersihkan kandung kemih. Porsi konsumsi air putih yang baik adalah minimal 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas perhari, untuk kamu yang jarang minum saat ini ubah kebiasaan minum kamu menjadi lebih teratur agar terhindar dari resiko terkena kanker. Boleh juga diselingi dengan jus buah, tapi hindari minuman bersoda dan beralkohol.

6. Rajin Berolahraga
Olahraga begitu banyak manfaat nya bagi tubuh, selain membuat tubuh semakin fresh dan kuat juga dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh kita akan mendapat imunitas yang lebih, dengan begitu resiko terkena berbagai penyakit pun sangat minim. Karena menurut penelitian pun dengan berolahraga dapat menurunkan resiko terkena kanker sekitar 20%. Usahakan olahraga dengan teratur, luangkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya berjalan kaki.

7. Konsumsi Makanan Yang Sehat dan Bergizi
Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentu dapat membuat tubuh kita juga sehat. Selain itu juga menurut penelitian pun bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan sehat akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker sebanyak 40%. Maka dari itu banyaklah mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran setiap hari dengan porsi yang seimbang. Dan penting juga, untuk menghindari konsumsi makanan yang tidak sehat seperti halnya junk food, makanan dengan tingkat lemak dan kalori yang tinggi. Sebaiknya pilih-pilih juga saat kita hendak membeli makanan atau hanya sekedar jajan.

Yaps, Itulah ulasan mengenai cara alami agar terhindar dari kanker yang mematikan. Sebagian besar poin diatas erat kaitannya dengan pola hidup, semakin baik pola hidup yang kita jalani maka semakin kecil pula resiko terkena penyakit kanker. Untuk yang masih mempunyai kebiasaan buruk sebaiknya mulai saat ini coba untuk merubah sedikit-sedikit kebiasaan dan pola hidup kamu menjadi lebih baik dari sekarang jika tidak ingin terkena penyakit kanker.

Semoga informasi dan ulasan tersebut bermanfaat. Silahkan share artikel ini ke teman-teman mu agar mereka juga tahu. Caranya dengan klik tombol share ke salah satu social media kamu yang terletak di bawah artikel ini. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa.


Source : healthkompas

Artikel Terkait

7 Cara Mencegah Kanker
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam