4 Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Pada Bayi


Sehat-Dong - Bayi anda mengalami hidung tersumbat atau pilek? Mungkin bagi seorang ibu hal ini menjadi sesuatu yang kritis dimana mereka sering khawatir terhadap apa yang terjadi pada bayinya, apalagi bagi mereka yang baru menjadi menjadi ibu tentu akan sangat cemas jikalau bayi nya mengalami sakit.

atasi hidung tersumbat pada bayi
Hidung tersumbat pun tak kalah penting, bagi sebagian orang hal ini pun dikhawatirkan terhadap bayi, karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Tapi jangan khawatir jika bayi anda mengalami hal ini, karena pada artikel kali ini admin akan memberikan beberapa tips menyembuhkan pilek pada bayi. Berikut ulasannya :
  1. Hirupkan Uap Air Hangat
    Cara yang pertama ini merupakan teknik yang sangat direkomendasikan oleh dokter, caranya yaitu dengan mengisi air hangat kedalam ember lalu dekatkan bayi anda pada uap dari air hangat yang ada didalam ember tersebut. Hal tersebut dapat membantu hidung si kecil bernafas lega dan mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Selain praktis, cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

  2. Dengan Menggunakan Air Garam
    Air  garam mempunyai fungsi untuk mengembalikan kealamian selaput didalam hidung yang tersumbat, cara ini juga merupakan warisan leluhur yang mana mereka juga menggunakan cara ini untuk menyembuhkan hidung tersumbat pada bayi. Cara membuatnya mudah yaitu dengan menambahkan setengah sedok makan garam kedalam 1 gelas air hangat, setelah itu cukup teteskan beberapa tetes air garam ini kedalam hidung bayi yang tersumbat. Lakukan cara ini secukupnya dengan tidak terlalu berlebihan.

  3. Oleskan Minyak Telon
    Minyak telon ataupun minyak kayu putih memiliki sifat dekongestan yang dapat membantu melancarkan pernafasan serta menghangatkan tubuh. Bahan ini cocok untuk mengatasi pilek pada bayi. Caranyapun simple, cukup usapkan minyak kayu putih tersebut pada bagian dada, leher dan sedikit dihidung bagian luar bayi. Ingat, hidung bagian luar ya, dan jangan terlalu banyak agar tidak membuat mata bayi perih.

  4. Sedot Ingus Bayi
    Cara yang terakhir ini mungkin bagi sebagian orang dianggap agak jijik. Tapi jangan salah loh, justru cara ini adalah cara yang paling bagus dan dapat menyembuhkan hidung tersumbat akibat pilek dengan seketika. Bila anda termasuk tipe orang tua yang tidak merasa jijik untuk melakukan hal ini, anda bisa mencoba cara ini. Caranya yaitu tutup salah satu hidung bayi (misalnya lubang hidung sebelah kiri) menggunakan jari tangan anda, lalu sedotlah lubang hidung yang satunya (lubang hidung sebelah kanan) secara perlahan. Lalu lakukan bergantian (tutup lubang hidung sebelah kanan menggunakan jari anda dan sedot lubang hidung sebelah kiri), yang harus di perhatikan yaitu pastikan mulut bayi anda dalam keadaan terbuka.
Bagaimana? Cara-cara diatas tidak sulit untuk dilakukan bukan? Selain caranya yang simple, praktis dan mudah, juga tidak harus mengeluarkan biaya. Jadi jika masalah tersebut hinggap pada bayi anda jangan khawatir lagi, kini anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi hal itu.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Silahkan share ke temanmu lewat akun socialmedia mu dengan klik tombol share agar informasi ini lebih bermanfaat. Oke, Sekian artikel mengenai cara mengatasi bayi pilek, ikuti situs ini untuk mendapat info lainnya. Thank’s and see you next post..

Source : Bisikansehat

Artikel Terkait

4 Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Pada Bayi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam