7 Tips Hidup Sehat Di Kota Besar

Sehat-Dong - Kota memang menjadi pilihan tempat tinggal bagi sebagian atau bahkan hampir keseluruhan orang. Alasan nya mungkin beragam, mudahnya transportasi, mudahnya informasi, berbagai peluang pekerjaan dan potensi penghasilan yang lebih baik atau mungkin faktor lain membuat masyarakat pedesaan pun cenderung memilih hidup dikota.

Cara sehat Hidup di kota besar
ilustrasi kota besar @Telegraph
Tapi seiring meningkatnya populasi di Kota besar, membuat berbagai efek negatif pun bermunculan secara beragam, mulai dari berkurangnya lahan akibat pembangunan, sampai masalah pada krisis nya perhatian mengenai dampak yang terjadi pada manusia akibat polusi yang semakin hari semakin meningkat. Jika kamu ditanya untuk memilih antara sehat atau sakit, tentu kamu akan memilih "Sehat-dong", karena kesehatan merupakan aset berharga. Kamu termasuk penduduk kota dan ingin tetap hidup sehat? Oke, kali ini admin akan memberikan solusi bagi kamu yang hidup di kota besar. Berikut ulasan nya :
  • Pakai Masker Saat Keluar Rumah
    Komposisi udara di kota jelas jauh berbeda dengan udara di pedesaan. Kurangnya penanaman pohon serta asap kendaraan yang semakin hari meningkat menyebabkan udara di kota kurang sehat.Untuk itulah jika sebaiknya kita menggunakan masker jika hendak berpergian keluar rumah, karena tak menutup kemungkinan bahwa polusi udara dapat berdampak negatif bagi tubuh kita.

  • Hindari Asap Rokok
    Jumlah perokok bukanlah jumlah sedikit yang bisa kita hentikan begitu saja.Jika anda tidak bisa membuat orang lain untuk berhenti merokok sebaiknya anda yang lebih baik menghindari orang yang sedang merokok atau asap rokok tersebut, karena jika kamu bukan perokok atau disebut perokok pasif maka asap rokok akan lebih bahaya berdampak terhadap kamu.

  • Pilih-pilih Saat Membeli Makanan
    Kita tidak tahu bagaimana suatu jajanan dibuat, entah itu bahan yang digunakan untuk pembuatannya, ataupun proses mereka membuat jajanan tersebut. Untuk menghindari bahan yang berbahaya atau proses yang kurang higienis sebaiknya kita lebih pilih-pilih makanan saat kita hendak jajan, bahkan alangkah lebih baik jika kita membuat makanan sendiri. Selain lebih hemat, bisa membuat makanan dengan cara kita yang higienis.

  • Batasi Konsumsi Makanan Yang Digoreng
    Makanan yang digoreng tentu mengandung minyak yang cukup tinggi. Selain berpotensi panas dalam, jika konsumsi dilakukan secara berlebihan juga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam darah atau bahkan membahayakan organ jantung kita. Hal itu juga dipengaruhi karena tingkat lemak jahat yang terkandung dalam makanan tersebut.

  • Batasi Konsumsi Makanan Instan
    Serba instan memang merupakan impian dan pilihan bagi sebagian orang pada masa modern ini, apalagi khusus nya di daerah perkotaan. Makanan yang instan selain murah proses pembuatan nya juga mudah. Tapi kamu harus tahu, bahwa dibalik keinstanan nya itulah terkandung bahaya yang mengancam bagi tubuh kita. Pada makanan instan cenderung lebih banyak zat kimia yang terkandung di dalam nya. Untuk itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan instan.

  • Sempatkan Berolahraga
    Prilaku hidup modern di perkotaan memang sebagian orang lebih banyak bekerja di ruangan tertutp dan dengan posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama. Agar kondisi badan dan juga tulang serta otot tetap baik setidaknya kita menyempatkan untuk berolahraga meskipun hanya sekedar peregangan atau bahkan jalan kaki saja. Udara yang kurang baik mungkin menjadikan alasan bagi kamu yang malas berolahraga, alternatifnya kamu bisa berolahraga ditempat dengan pohon yang cukup banyak seperti taman, atau kamu bisa berolahraga dipagi hari saat kendaraan masih jarang.

  • Mencuci Tangan Dengan Sabun Setelah Beraktivitas
    Segala aktivitas yang kita lakukan pasti akan terjadi kontak antara tangan dengan benda-benda yang kita sentuh, entah itu memegang pegangan tangga, atau memegang daun pintu, atau mungkin hal lain yang tanpa kita sadari mungkin kuman dan bakteri menempel pada benda-benda yang telah kita pegang. Apalagi tangan merupakan anggota tubuh yang penting dimana berbagai aktivitas dikerjakannya, bayangkan apabila setelah beraktivitas kuman menempel pada tangan kita, lalu kita makan atau menyentuh muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, tentu kuman dan bakteri pun akan menyebar ke tubuh kita lewat tangan. Nah, untuk menghindari hal itu alangkah lebih baiknya jika kita mencuci tangan setelah beraktivitas sehari-hari.
Yaps, itulah beberapa Tips Hidup Sehat di Kota Besar, hal-hal diatas memang merupakan hal yang kecil, sebagian orang pun banyak yang acuh terhadap hal-hal tersebut, bahkan menganggapnya tidak penting dan mengganggap bahwa hal tersebut terlalu berlebihan, padahal justru hal-hal kecil tersebut akan membawa dampak baik jika kita menjadikannya sebagai kebiasaan.
Semoga tips-tips diatas bermanfaat, share artikel ini ke teman-temanmu dengan cara klik tombol share di bawah artikel ini ke social media-mu. Oke sekian tips kesehatan kali ini. Thank's and see you next post..

Source : Intips-Kesehatan

Artikel Terkait

7 Tips Hidup Sehat Di Kota Besar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam