10 Cara Membuat Anak Lebih Pintar

Sehat-Dong - Anak merupakan buah hati sekaligus harapan bagi orang tuanya. Siapa yang tak mau anak nya menjadi seseorang yang sukses dan berhasil kelak, tentu sebelum mencapai kesuksesan pun anak tersebut harus mempelajari bidang yang akan ia tekuni dengan benar dengan artian bidang yang di tekuni nya akan mudah di serap oleh otak jika anak mempunyai otak yang cerdas dan pintar.
10 Cara Membuat Anak Lebih Pintar

Tentu ada beberapa hal yang menjadi faktor seorang anak menjadi pintar, salah satu nya dari faktor asupan gizi makanan yang ia konsumsi sehari-hari. Selain itu masih ada beberapa hal faktor lain yang menunjang kecerdasan anak. Nah disini akan dibahas bagaimana agar anak menjadi lebih pintar, berikut ulasannya:

1. Ajak Bermain Permainan Asah Otak
Beberapa study mengklaim bahwa jika otak semaik dipacu untuk berfikir maka otak tersebut justru akan lebih mengalami perkembangan. Beberapa permainan yang melibatkan otak untuk berfikir juga dapat meningkatkan kekuatan otak kanan. Banyak permainan asah otak yang bisa kita lakukan bersama anak seperti misalnya teka-teki, catur, puzzle dan masih banyak lagi permainan lain yang bisa anda cari informasinya di internet. Dengan bermain permainan asah otak tentu anak akan terpacu otaknya untuk berfikir dan mencari strategi untuk dapat menang dalam permainan tersebut.

2. Latih Bermain Musik
Ketika kita bermain musik berarti kita saat itu sedang menjalankan otak kanan kita. Bermain musik juga selain menyenangkan, menenangkan juga dapat membantu otak kanan lebih berkembang itu artinya juga akan membuat otak lebih pintar. Untuk membuat anak anda lebih pintar sebaiknya ajarkan anak bermain musik, jika memang anda tidak bisa bermain musik, anda bisa mendaftarkan anak anda ke sekolah musik, tidak perlu takut soal biaya karena memang ada beberapa sekolah musik dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas, sering-seringlah mencari informasi jika memang anda berniat mendaftarkan anak anda ke sekolah/kursus musik untuk menunjang perkembangan otak anak anda.

3. Asupan ASI Yang Cukup
Siapa sangka makanan pertama bayi ini menjadi salah satu hal yang dapat membuat otak anak menjadi pintar. ASI selain memiliki kandungan zat yang baik bagi bayi, juga dapat mempengaruhi kecerdasan bagi anak. Beberapa studi membuktikan bahwa bayi yang di susui selama 9 bulan lebih berpengaruh pada anak di masa mendatang menjadikan anak lebih cerdas dibanding anak yang diberi ASI hanya selama satu bulan atau kurang. Ini menjadi perhatian bagi para ibu yang measih menyusui bayi nya.

4. Rutin Olahraga
Dengan berolahraga tubuh akan menjadi segar dan otak menjadi lebih fresh, ini dikarenakan olahraga berefek pada lancaran peredaran darah, juga asupa oksigen yang cukup dan jantung yang terawat, hal ini sangat berhubungan dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Ajarkan anak untuk berolahraga mulai dari kecil agar terbiasa.

5. Bermain video game
University of Rochester melakukan studi dimana peserta yang bermain video game memiliki kemampuan belajar isyarat visual jauh lebih cepat daripada yang tidak. Hal ini dikarenakan saat anak bermain game maka anak pun dipacu untuk berfikir dan menemukan strategi agar ia menang dalam game tersebut. Tapi tentunya hal ini harus didampingi oleh anda selaku orang tua, karena ada beberapa game yang tidak layak dimainkan oleh anak, juga managemen waktu anak yang harus diatur dengan baik jangan sampai anak bermain video game secara berlebihan.

6. Gizi yang terpenuhi
Seperti yang sudah di bahas di pembuka artikel bahwa gizi juga berpengaruh terhadap perkembangan otak, semakin baik asupan gizi yang di serap oleh tubuh anak maka akan semakin baik pula dampaknya untuk otak anak anda. Usahakan jauhkan anak dari junkfood yang tidak baik untuk tubuh, juga perhatikan jajanan anak ketika di sekolah jangan sampai sembarangan membeli jajanan yang kurang baik efek nya terhadap tubuh.

7. Ajari Untuk Selalu Menggali Rasa Keingintahuan
Jangan kesal jika anak banyak bertanya, justru ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi otak. Jawablah pertanyaan yang di ajukan anak secara baik. Juga ajak anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru, ajak anak untuk belajar memasak, berkebun atau hal lainnya yang dapat memacu otak anak untuk terus menggali pengetahuan.Dukung jug hobi anak anda jika itu masih berada d jalur positif.

8. Budayakan Membaca
Dengan membaca, tentu otak akan lebih banyak menampung informasi, hal itu juga dapat berpengaruh untuk perkembangan otak anak. Ajarkan budaya baca kepada anak mulai dari usia dini, Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pengetahuan yang anak anda miliki dan itu tentu membuat anak anda menjadi lebih pintar.

9. Tanamkan Kepercayaan Diri Pada Anak
Sikap dan perhatian yang baik dari orang tua terhadap anak akan berpengaruh baik terhadap psikologis anak. Dan jika psikologis anak baik maka akan tubuh rasa pecaya diri dalam dirinya, dengan rasa percaya diri itulah anak akan senantiasa mengeksplor pengetahuan yang ingin ia ketahui yang tentu akan membuat anak menjadi pintar dan luas akan wawasan.

10. Jangan Lewatkan Sarapan
Gizi sarapan sangat baik efek nya terhadap konsentrasi otak. Dengan gizi sarapan yang cukup, aktivitas anak anda akan berjalan dengan baik, hal ini akan berbeda jika anak tidak terasupi gizi sarapan terlebih dahulu, maka anak akan mudah lelah dan marah sehingga kehilangan konsentrasi dan apa yang ia pelajari sulit untuk di serap. Untuk itu jangan sepelekan pentingnya sarapan bagi otak anak anda.

Artikel Terkait

10 Cara Membuat Anak Lebih Pintar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam