4 Tanaman obat alami yang bisa di dapat sekitar rumah





Sehat-Dong - Kita patutnya bersyukur dapat lahir di negeri yang kaya akan sumber daya alamnya. Karena selain hal itu menjadi ciri khas dan kelebihan, juga dengan tersebar luas nya sumber daya alam tersebut kita bisa dengan mudah mendapatkan hal-hal yang kita butuhkan di lingkungan sekitar kita.

Selain itu juga kita dapat menanam tanaman-tanaman sebagai hiasan ataupun tanaman-tanaman dengan manfaat tertentu. Salah satunya yang biasa ditanam di sekitar rumah adalah tanaman dengan fungsi sebagai obat herbal atau biasa kita kenal dengan tanaman obat. Ya, tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu.

4 Tanaman obat alami yang bisa di dapat sekitar rumah
tanaman obat @projekt youth
Macam dan jenis dari tanaman obat ini pun beragam, setidaknya ada sekitar 300 tanaman yang sudah memiliki standar sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat penyembuhan tersebut pun berbeda-beda tergantung tanaman apa dan fungsi tanaman tersebut untuk mengobati penyakit apa, apakah untuk mengobati sakit ringan seperti flu, masuk angin, batuk ataupun gangguan pencernaan bahkan penyakit dengan golongan yang cukup akut karena memang ada beberapa tanaman yang diyakini mampu untuk meringankan bahkan menyebuhkan penyakit tersebut.

Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tanaman obat yang biasa atau mudah di tanam di halaman rumah menurut seorang dokter dan ahli herbal dar PT. Deltomed bernama Dr. Abrijanto SB. Beberapa tanaman tersebut diantanya:

  1. 1. Jahe
    Siapa yang tidak tahu ketika mendengar nama dari tanaman tersebut. Tentu masyarakat pada umumnya sudah familiar atau mungkin sering menemukan tanaman ini. Selain mudah di tanam juga karena tanaman ini termasuk jenis rempah-rempah yang tentu nya sangat di perlukan untuk keperluan memasak beberapa jenis masakan. Tak hanya itu, rupanya tanaman ini mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan dan penyembuhan tubuh dari berbagai pernyakit, karena jahe memiliki sifat anti-inflamsi yang mana hal tersebut dapat digunakan untuk mengatasi mual, mengobati gangguan pada pencernaan, serta biasa di gunakan untuk menghangatkan badan. Cara pengolahan/penyajian jahe pun tidak susah, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah kita bisa menikmatinya sebagai minuman. Cukup gunakan jahe secukupnya ditambah gula atau madu untuk mengurangi rasa pahitnya.
  2. Daun Mint
    Daun mint juga tanaman lain yang rupanya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, aroma penyejuknya yang khas dapat digunakan untuk mengatasi mual, masalah pencernaan, bau nafas tak sedap juga hidung tersumbat. Selain itu juga daun mint biasa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit seperti halnya untuk mengobati jerawat dan gigitan serangga. Juga masih banyak manfaat lain yang tidak akan membuat anda sia-sia menanam tanaman ini.
  3. Daun Meniran
    Selanjutnya ada daun meniran yang dikenal ampuh mengatasi rematik, hepatitis, disentri, susah buang air kecil, dan batu ginjal. Selain itu juga tanaman tersebut mempunyai fungsi utama yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentu fungsi ini sangat berguna bagi tubuh guna terhindar dari berbagai penyakit.
  4. Daun Jambu Biji
    Selain buahya nikmat untuk di konsumsi, daun nya pun tak kalah bermanfaat. Daun jambu biji dikenal sebagai obat diare yang efektif, selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar salah satunya untuk mengobati jerawat dan luka bakar. Cara penggunaannya pun mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dikunyah secara langsung ataupun menambahkan bahan lain seperti garam dan madu pada daun tersebut.
Bagaimana? tanaman-tanaman tersebut memang sering kita jumpai di sekitar kita bukan? Jika di rumah anda tidak ada pun mungkin di halaman rumah tetangga anda terdapat beberapa tanaman tersebut, untuk itu tak ada salah nya anda pun ikut menanam tanaman obat tersebut yang memudahkan anda untuk mendapatkan obat ketika terserang penyakit.

Source: Okezone

Artikel Terkait

4 Tanaman obat alami yang bisa di dapat sekitar rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam