7 Penyebab Kulit Menjadi Kusam

Sehat-Dong - Kulit kusam memang menjadi masalah lain yang berdampak pada penampilan, bahkan dalam tingkat lain hal itu dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang  terutama untuk kaum wanita. Biasanya mereka akan mencari cara bagaimana mengatasi kulit kusam tersebut, sehingga kesana kemari menggali informasi untuk berburu kosmetik atau produk kecantikan.

Padahal selain kualitas dan harga nya yang cukup tinggi, kita juga harus dapat pilih-pilih produk karena belum tentu produk yang kita pakai pun cocok dengan kulit kita. Meskipun kulit kusam pun sebenarnya tak berpengaruh pada sebagian orang juga, dengan kata lain, bahwa sebagian yang lain tidak terlalu memperhatikan dan mengurusi kulit nya yang tampak kusam, mereka dengan tipe seperti ini biasanya acuh tak acuh.

Penyebab Kulit Menjadi Kusam
ilustrasi kulit kusam @stylepresso
Tapi untuk tipe orang kritis dan memperhatikan penampilan kulit seharusnya jangan terburu-buru mengambil tindakan juga, apalagi buat kamu yang mudah tergiur dengan tawaran produk dengan iming-iming kualitas internasional dengan harga murah. Karena jika tidak pintar-pintar memilih bisa jadi justru produk tersebut yang menjadikan kulit kita kusam. Nah, untuk bahan informasi dan pertimbangan kamu, Admin kali ini akan mengulas mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Hal ini juga setidaknya akan membantu kamu kalau-kalau kamu penyebab dibawah ini termasuk kesalahan yang kamu lakukan untuk bisa kamu perbaiki secepatnya. Karena sebenarnya kulit kusam dapat dengan sendiri nya beregenerasi, namun hal itu juga akan melambat seiring bertambahnya usia, nah sebelum terlambat, informasi inilah yang harus kita ketahui sekarang. Berikut beberapa faktor penyebab kulit kusam :
  1. Faktor Genetik (Keturunan)
    Faktor pertama yang menyebabkan kulit kusam yaitu faktor genetik yang mungkin lebih jelasnya yaitu faktor bawaan, atau faktor keturunan dari orang tua kita. Percaya ga percaya bahwa genetik pun berpengaruh terhadap jenis kulit kamu. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa hal inijuga merupakan faktor penyebab kulit kusam mu.

  2. Pola Hidup
    Yang selanjutnya yaitu berhubungan dengan pola hidup kita. Sebaiknya kita nilai diri kita sendiri, apakah selama ini pola hidup kita sudah baik? Apakah selama ini kita menjaga kebersihan kita dengan benar? Kebersihan yang kurang terjaga memang berpengaruh terhadap kulit, tapi jangan salah juga, jika kita terlalu berlebihan pun akan berpengaruh juga terhadap kulit. Setidaknya ikuti anjuran yang telah di tetapkan. Seperti mencuci muka yang tidak terlalu sering atau hal lainnya yang mungkin selama ini kita telah salah melakukannya.

  3. Pola Makan
    Jangan langsung berpendapat bahwa kulit kusam mu disebabkan karena faktor ex. Bisa jadi ini disebabkan faktor dalam tubuh kita juga yaitu oleh asupan makan kamu. Lihat lagi apakah pola makan kita selama ini sudah benar, selain memperhatikan waktu yang tepat untuk makan, kita juga harus memperhatikan asupan zigi dan vitamin yang terkandung dalam makanan yang kita makan. Lebih baik mulai saat ini, kurangi konsumsi junk food, softdrink, dan makanan dengan tingkat lemak yang tinggi seperti gorengan karena bisa jadi hal itulah penyebab kusam pada kulit kamu.

  4. Faktor Lingkungan
    Faktor lingkungan pun menjadi salah satu penyebab kusam pada kulit. Jelas, kamu yang lebih sering melakukan aktivitasnya outdoor apalagi dengan udara perkotaan yang kurang sehat tentu akan menyebabkan debu dan polusi mudah menempel pada kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam.

  5. Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik
    Hal ini seperti yang admin singgung pada kalimat pembuka, dimana bisa jadi produk yang kamu gunakan menjadi penyebab kulit kusam. Produk kosmetik memang berpengaruh terhadap kulit kusam, karena pasalnya tidak semua kosmetik cocok untuk jenis kulit kamu.

  6. Tidur tidak teratur
    Pola tidur yang kurang benar pun menjadi salah satu faktor penyebab kulit kamu menjadi kusam. Untuk kamu yang selalu tidur terlalu malam atau bahkan bergadang sebaiknya mulai saat ini coba untuk hilangkan kebiasaan tersebut. Kurang tidur atau tidur larut malam menyebabkan darah menjadi kurang yang juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit kamu apalagi angin malam pun buruk bagi kesehatan kamu.

  7. Kurang mengkonsumsi air putih
    Yang terakhir yaitu kurangnya konsumsi air putih. Ya, hal ini bisa menjadi faktor penyebab kulit menjadi kusam juga. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kulit kita menjadi lebih kering dan kusam. Untuk itu setidaknya minum 8 gelas sehari secara teratur.
Selain hal-hal diatas tentunya kita harus menjaga kesehatan pada tubuh kita. Karena kesehatan tubuh merupakan kesehatan kulit juga. Benahi kembali mengenai faktor penyebab kulit kusam diatas, jika banyak kesalahan yang kamu lakukan sesuai poin-poin tersebut, maka mulai saat ini ubahlah kebiasaan buruk kamu menjadi lebih baik.

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-temanmu di social media dengan cara klik tombol share yang berada di bawah artikel ini. Sekian informasi kesehatan dan kecantikan kali ini. Thank’s and see you next post..

Soure : Inkesehatan

Artikel Terkait

7 Penyebab Kulit Menjadi Kusam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

* Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Baik dan Jelas
* Berkomentarlah Secara Relevan dan Tidak OOT (Out Of Topic)
* Gunakan Bahasa Yang Sopan
* Tidak SARA dan Tidak Mengundang Konflik
* Dilarang Keras Spam